BAB I
PENDAHULUAN
SEKILAS TENTANG INTERNET
INTERNET, satu kata yang sudah tidak asing dan sudah akrab di
telinga kita. ITERNET banyak berperan di berbagai bidang dalam kehidupan
kita sehari-hari.
I.I Apakah INTERNET itu ?
Istilah internet berasal dari dua kata yaitu INTER yang berarti antara/penghubung, dan NETWORK yang berarti jaringan. Jadi, secara per kata, kata INTERNET berarti penghubung jaringan.
Sehingga fungsi internet adalah menghubungkan berbagai jaringan yang
tidak saling bergantung satu dengan yang lain, sehingga terjadi
komunikasi antara jaringan-jaringan tersebut.
Jaringan lokal biasanya terdiri dari beberapa komputer dengan sistem
operasi sejenis. Dengan INTERNET, perbedaan sistem operasi dapat diatasi
dengan menggunakan bahasa yang sama antar jaringan dalam pengiriman data.
Dengan demikian, definisi INTERNET merupakan hubungan antara
berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia dengan berbagai sistem
operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan
kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit ).
I.II Sejarah terbentuknya INTERNET
ARPANet
Pada tahun 1969 ARPA (Advanced Research Project Agency),
sebuah bagian dalam kementerian Pertahanan Amerika Serikat memulai
sebuah proyek, dengan tujuan di satu sisi menciptakan jalur komunikasi
yang tak dapat dihancurkan dan disisi lain memudahkan kerjasama antar
badan riset diseluruh negeri, termasuk juga industri senjata. Maka
terbentuklah ARPANet.
Internetting Project
Bila pada awalnya komputer sejenis saja yang dapat melakukan
pertukaran data, maka dengan bertambahnya komputer dengan berbagai
sistem operasi lain menuntut solusi baru komunikasi yang tak terbatas
antar semua badan yang tergabung dalam jaringan.
Untuk itu pada awal tahun 1980an dibuat Internetting Project, yang mengembangkan lebih lanjut hasil yang telah dicapai dalam ARPANet,
agar media komunikasi baru ini juga dapat dimanfaatkan oleh berbagai
sistem komputer-komputer baru yang tergabung. Pada awalnya, jaringan
interkoneksi ini disebut DARPA internet. Kemudian vendor-vendor
komputer meramaikan lalu lintas jaringan tersebut untuk berbagai
kebutuhan/tujuan, dan lama kelamaan hanya disebut INTERNET saja.
Di tahun 1986 didirikan National Science Foundation Network (NSFNET),
yang menghubungkan para ahli riset di seluruh negara dengan 5 buah
pusat super komputer. Jaringan ini kemudian berkembang untuk
menghubungkan berbagai jaringan akademis lainnya yang terdiri atas
universitas dan konsorsium-konsorsium riset. NSFNET mulai menggantikan
ARPAnet sebagai jaringan riset utama di Amerika. Pada bulan Maret 1990
ARPAnet secara resmi dibubarkan. Sejak saat NSFNET dibangun, berbagai
jaringan internasional juga didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Pada
saat ini Internet terdiri atas lebih dari 15.000 jaringan yang tersebar
di seluruh dunia. Jutaan orang dapat saling mengirimkan pesan melalui
Internet dan jaringan-jaringan lain terhubung dengannya. Penggunaan
INTERNET sudah bukan murni untuk riset saja, tetapi mencakup kegiatan
sosial, komersial, budaya dan lain-lain.
BAB II
TEORI DASAR
SISTEM YANG BEKERJA DI BALIK INTERNET
Di dalam INTERNET, terdapat banyak sekali
sistem-sistem yang beroperasi / bekerja di dalamnya. Sistem-sistem
tersebut berfungsi sebagai penyusun dari INTERNET.
II.I Local Area Network / LAN
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah
jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti
jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau
yang lebih kecil lagi.
Pada LAN, setiap komputer dapat mengakses sumber daya yang ada di
dalam LAN tersebut sesuai dengan hak akses yang telah diatur dari
tiap-tiap komputer. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau
perangkat seperti printer.
II.II Wide Area Network / WAN
Wide Area Network / WAN adalah jaringan komputer
yang mencakup wilayah yang besar atau jaringa komputer yang membutuhkan
router dan saluran komunikasi publik. Sebagai contoh yaitu jaringan
komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara.
WAN digunakan untuk menghubungkan antara jaringan lokal yang satu
dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di
lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di
lokasi yang lain.
II.III Host
Host adalah komputer dalam Local Area Network (LAN)
atau Wide Area Network (WAN), yang diakses oleh komputer lain dalam
jaringan tersebut.
Host sering disebut juga sebagai komputer server.
II.IV Protocol INTERNET ( TCP/IP )
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, INTERNET terbentuk dari
jaringan komputer yang tersebar di seluruh dunia. Masing-masing jaringan
komputer terdiri dari beberapa komputer yang berbeda dengan jaringan
yang lainnya. Untuk mengatasi masalah perbedaan tersebut diperlukan
sebuah protokol yang mampu mengintegrasikan seluruh jaringan komputer
tersebut.
Solusinya adalah sebuah protokol pengiriman data yang tidak
bergantung pada jenis komputer dan dapat digunakan oleh semua komputer
untuk saling bertukar data. Agar data tidak hanya dapat dikirim dan
diterima, melainkan juga dapat dimanfaatkan oleh setiap komputer,
diperlukan program standar yang mengolah data tersebut pada sistem yang
berkaitan. Protokol pengiriman data merupakan sebuah konvensi
(kesepakatan) yang menetapkan dengan cara apa data dikirimkan dan
bagaimana kesalahan yang terjadi dikenali serta dipecahkan.
Secara sederhana, proses pengiriman data terdiri atas dua langkah :
Pertama, data yang akan dikrimkan (misalnya sebuah
file teks) dibagi ke dalam paket data berukuran sama (paket), kemudian
dikirimkan satu per satu. Dalam dunia Internet, protokol ini disebut IP (Internet Protocol).
Kedua, harus dijamin setiap paket data yang dikirim
sampai ke alamat yang benar dan semuanya diterima dengan benar pula.
Untuk itu diperlukan protokol lainnya, yaitu Transmission Control Protocol (TCP)
mengaitkan sebuah blok data pada paket data IP, yang mengandung
informasi mengenai alamat, jumlah total paket data, dan urutan setiap
paket yang membentuk paket tersebut. Secara bersamaan kedua protokol
tersebut membentuk suatu fungsi kesatuan, karena itu biasanya disebut TCP/IP.
Dengan adanya TCP/IP ini, INTERNET memiliki tiga keuntungan :
- INTERNET dapat menggunakan jalur komunikasi yang sama untuk
pengguna yang berbeda pada saat yang bersamaan. Oleh karena paket-paket
data tidak perlu dikirimkan secara bersama-sama, jalur komunikasi dapat
membawa segala tipe paket data pada saat paket-paket data ersebut
dikirimkan dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Sebagai contoh,
seperti sebuah jalan raya, di mana mobil-mobil bergerak sepanjang jalan
yang sama walaupun mereka menuju ke tempat-tempat yang berbeda-beda.
- INTERNET bersifat fleksibel. Pada saat paket-paket data bergerak,
mereka bergerak dari satu host ke host lain hingga mencapai tujuan
akhir. Jika sebuah jalur komunikasi tidak berfungsi, sistem yang
mengontrol aliran data dengan sendirinya dapat memilih jalur alternatif,
sehingga paket-paket data tersebut dapat bergerak melalui jalur-jalur
yang berbeda-beda.
- Meningkatkan kecepatan transmisi data. Sebagai contoh, jika terjadi
kesalahan pengiriman data, TCP meminta host asal mengirm kembali
paket-paket data yang mengandung kesalahan saja, bukan keseluruhan paket
data. Dengan begitu, berarti meningkatkan kecepatan transmisi data.
II.V Domain Name System / DNS
Domaian Name System adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi
tentang nama host maupun nama domain di dalam jaringan computer.
Tentunya harus ada sebuah metode yang memungkinkan pengiriman data
kepada masing-masing komputer di INTERNET. Pada awalnya disusun sebuah
daftar yang memuat nama semua jaringan yang tergabung dalam INTERNET.
Namun, dengan tingkat pertumbuhan INTERNET yang sangat tinggi maka tidak
mungkin lagi menjaga daftar-daftar tetap aktual. Karenanya, INTERNET
menggunakan sebuah sistem alamat yang dapat diolah oleh komputer khusus
(disebut Router), yang terdapat antara masing-masing jaringan.
II.VI Alamat IP / IP address
Adalah deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai
sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan
Internet. Alamat tersebut menggambarkan lokasi jaringan hingga komputer
dalam jaringan tersebut yang harus dicapai.
Dengan adanya IP Address tersebut INTERNET dapat menentukan sendiri
jalurnya melalui banyak jaringan yang tergabung antara dua tempat,
sehingga hampir tidak mungkin untuk merusak media komunikasi ini.
Misalkan ada sebuah kabel penghubung yang rusak oleh pekerjaan galian
tanah, INTERNET akan mengalihkan pengiriman paket melalui lain. Hal ini
disebut Dynamic Rerouting.
Sistem pangalamtan IP terbagi menjadi dua yaitu :
- IP versi 4 (IPv4)
Alamat IP versi 4 (IPv4) adalah sebuah jenis pengalamatan
jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang
menggunakan protokol IP versi 4. Panjang total alamatnya nya adalah
32-bit, dan secara teori dapat mengalamati hingga 4 miliar host ( = ± 4
miliar) komputer di seluruh dunia.
Contoh alamat IP versi 4 adalah 192.168.0.3.
- IP versi 6 (IPv6)
Alamat IP versi 6 (IPv6) adalah sebuah jenis pengalamatan
jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang
menggunakan protokol IP versi 6. Panjang totalnya adalah 128-bit, dan
secara teori dapat mengalamati hingga = 3,4 x host komputer di
seluruh dunia.
Contoh alamat IP versi 6 adalah 21DA:00D3:0000:2F3B:02AA:00FF:FE28:9C5A.
II.VII Alamat DNS
Karena angka biner tidak mudah untuk diingat, maka dikembangkan
sistem Domain Name System (DNS). Disini alamat disusun dalam sebuah
hierarki berbagai wilayah (domain = wilayah), yang mewakili sebuah
kelompok host tertentu.
Agar penyampaian otomatis oleh Router tetap berfungsi, angka biner
tetap digunakan. Bila kita memberikan sebuah alamat DNS, pertama-tama
data dikirimkan ke sebuah server dan diubah menjadi alamat IP yang dapat
dibaca oleh Komputer.
Seperti pada alamat IP, alamat tersebut juga mengandung informasi
yang dibutuhkan untuk identifikasi komputer yang diingikan. Setiap
bagian alamat DNS harus dipisahkan dengan sebuah titik.
Contoh : admin.bppt.id
domain ´id´ = indonesia
bppt adalah nama sebuah jaringan
admin adalah nama dari suatu komputer di dalam jaringan bppt
Untuk mencapai komputer admin suatu jaringan akan membaca alamat domain tersebut dari ki ke kanan. Domain ´id´ adalah sebuah contoh domain geografis.
Ada beberapa jenis domain antara lain : domain geografis, domain tematik, dll.
Contoh domain geografis
Singkatan
|
Artinya
|
id | Indonesia |
at | Austria |
pl | Polandia |
de | Jerman |
au | Australia |
pt | Portugal |
be | belgia |
ch | Swiss |
se | Swedia |
bg | Bulgaria |
dk | Denmark |
uk | Inggris |
br | Brazil |
ee | Eslandia |
us | Amerika |
fi | Finlandia |
es | Spanyol |
cl | Cile |
fr | Prancis |
in | India |
ir | Irlandia |
jp | Jepang |
my | Malaysia |
Contoh domain tematik
Singkatan
|
Jenis domain
|
com | Perusahaan komersial |
edu | Badan pendidikan ( universitas, institut, dll ) |
gov | Lembaga pemerintahan non militer |
mil | Militer |
org | Organisasi lainnya |
ac | Badan pendidikan |
II.VIII Internet Service Provider ( ISP ) / Penyedia Layanan Internet
ISP atau penyedia layanan internet adalah perusahaan atau badan yang
menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang
berhubungan dengan INTERNET. Kebanyakan perusahaan jasa telepon
merupakan penyelenggara jasa internet. Mereka menyediakan jasa seperti
hubungan ke internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.
ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional
sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP
dapat terhubung ke jaringan internet global. Jaringan di sini berupa
media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel,
radio, maupun VSAT (sambungan langsung dengan satelit).
Beberapa contoh ISP di Indonesia :
3GNet
ATS-COM NET
AudiaNet
BENINGNET
BiGnet
BITNET
BIZNET
BUMINET
CABINET
CBN
CENTRIN
CENTROTECH
Central Online (CLINE)
Channel-11.Net
CROSS NETWORK INDONESIA
CYBERNET
CyberAkses
DigiNet
DNET
ELGANET
ELNUSNET
ERESHA.NET.ID
FIRST MEDIA
GIGA.NET.ID
GLOBALPORT
IPTK – EZ.Net
IDOLA
HYPERNET
IndikaNet
INDONET
INDOSAT
JALAWAVE
JAPnet
JASATEL
JETCOMS
LINKNET
MAXINDO
MEGANET
MELSA
MITRANET
MNETwireless
ORION / Orion Cyber Internet
PRIM@NET
NetPlus Technology
Pes@tNet
PACIFICNET
POWERNET
QUASAR
RADNET
RAJASA
SIMAYA
Sistelindo
Speedy
TELKOMNET
UBNET
UIINET
UNINET
VIPNET
VISIONNET
WASANTARA
LINTASWAVE
SMARTLINK GLOBAL MEDIA
FIRSTMEDIA
TELEMEDIA NUSANTARA
TABINA NETWORK
KOETARADJA NET
TE NET
BLUELINE
II.IX Cara Akses ke INTERNET
- Sambungan langsung ke network
Kita dapat menggunakan sebuah komputer yang secara terhubung langsung
ke INTERNET. Sebagai contoh, kita menggunakan sebuah komputer yang
merupakan bagian dari sebuah jaringan komputer di kantor yang terhubung
dengan INTERNET. Dalam hal ini sistem kita menjadi host secara penuh,
karena mempunya alamat elektronik tersendiri.
- Sambungan dengan menggunakan SLIP/PPP
Sambungan ini sering disebut dengan dial up connection, dan biasanya
menggunakan sambungan telepon. Untuk menggunakan hubungan dial-up
telepon, Kita memerlukan sebuah alat untuk mengkonversi sinyal komputer
(digital) menjadi sinyal telepon (analog), dan sebaliknya. Alat untuk
mengkonversi sinyal digital ke sinyal analog disebut modulator, sedangkan alat untuk mengkonversikan sinyal analog ke sinyal digital disebut demodulator. Untuk mengakses ke INTERNET melalui hubungan telepon, kita memerlukan sebuah modem (modulator-demodulator). Selain itu diperlukan juga TCP/IP dan software SLIP (Serial Line Internet Protocol) atau PPP ( Point to Point Protocol )seperti Linux, Warp, dll.
- Sambungan langsung ke On-line Service.
Jenis sambungan ini biasanya adalah sambungan full time. Untuk
menjadi sebuah host INTERNET tanpa harus memiliki hubungan full-time ke
INTERNET (yang pada umumnya sangat mahal), ada sebuah cara men-setup
sebuah host INTERNET melalui hubungan telepon. Untuk melakukan hal
tersebut, kita perlu mengadakan perjanjian dengan sebuah host INTERNET
yang lain yang bertindak sebagai titik hubungan. Selanjutnya, diperlukan
sejumlah program yang disebut sebagai PPP (Point to Point Protocol) dan
SLIP (Serial Line Internet Protocol) dalam workstation. Setelah
workstation menghubungi host INTERNET melalui jalur telepon, PPP
menyediakan kemampuan TCP/IP untuk workstation tersebut.
II.X Beberapa Istilah dalam INTERNET
- American OnLine (AOL)
Layanan komersial yang menyediakan browser Internet-nya sendiri.
- Browser
Aplikasi yang ada di komputer, mirip dengan aplikasi pengolah kata
atau aplikasi lain, yang dirancang untuk membaca tipe file data
tertentu. Untuk mengakses www, kita membutuhkan program software internet browser ini.
Mem-browse www sering disebut sebagai surfing the Net.
- CU-SeeMe
Adalah salah satu aplikasi yang memungkinkan konferensi video pada Internet.
- Cyberspace
Adalah tempat virtual di mana orang dapat berkomunikasi dan bertemu.
- Domain name
Adalah bagian yang membentuk IP address pada INTERNET. Domain name
terdiri dari dua bagian atau lebih yang terpisah oleh tanda titik.
Bagian paling kiri adalah bagian yang paling penting, menunjukkan
tujuannya. Contoh : www menunjukkan Web server mail.
Sembarang domain name akan “melebur” menjadi hanya satu IP address yang
unik untuk setiap mesin. Bagian sebelah kanan menunjukkan tipe site.
Contoh :.id menunjukkan negara asal site, misalnya id menunjukkan negara Indonesia.
- E-Mail
Adalah surat yang mirip dengan surat pos, tetapi dikirimkan secara
elektronik, sehingga sampai ditempat tujuan hampir dalam tempo seketika
itu juga. E-mail yang berisikan pesan yang dikirim ke komputer kita dan
akan terus ada di komputer itu sampai kita mengambilnya (membuka dan
menyimpannya atau membuangnya).
- Eudora
Adalah aplikasi e-mail desktop yang populer karena lingkungan grafis
dan kemampuannya untuk bekerja di hampir semua jenis server (PC maupun
Macintosh).
- FAQ
Singkata dari Frequently Asked Questions yaitu daftar yang memuat jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan tentang topik tertentu.
- FTP (File Transfer Protocol)
Program yang digunakan pada komputer berbasis Windows untuk mentransfer file (software atau dokumen) pada INTERNET.
- GIF (Graphics Interchange Format)
Jenis image yang seringkali dipakai pada web pages karena kemampuannya untuk me-render warna latar belakang sebagai transparan.
- Gopher
Program berbasis teks yang digunakan untuk mem-browser daftar menu Internet pada berbagai server gopher.
- Home Page
Halaman-halaman yang menampung berbagai informasi dari suatu
perusahaan, institusi atau pribadi. Contoh White House home page
berisikan informasi politik dan kebijakan Presiden AS.
- HTML
Singkatan dari HyperText Markup Language yaitu bahasa standar yang digunakan browser Internet untuk membuat halaman dan dokumen yang dipajang pada Web.
Selain memungkinkan komputer berkomunikasi, HTML juga menyediakan
link di antara file-file yang ada di komputer yang berbeda dan
dipisahkan oleh jarak yang jauh.
- HTTP
Singkatan dari HyperText Transfer Protocol adalah protokol yang memungkinkan bermacam-macam komputer yang saling berkomunikasi dengan menggunakan bahasa HTML.
- HyperLink
Yaitu bagian dari halaman web yang menghubungkan kita ke file lain,
menyediakan seamless link (hubungan) ke file-file pada komputer lain.
Biasa dikenal sebagai link. Mengklik hyperlink berarti mem-browse www dan mengunjungi berbagai lokasi di INTERNET.
- Hypermedia document
Adalah file data berisi banyak informasi yang dikirimkan melalui
Internet ke komputer kita dan dimunculkan secara grafis dalam cara yang
user friendly.
- Hypertext
Adalah salah satu cara untuk me-link banyak file. Teks yang
mengandung hypertext biasanya digarisbawahi. Untuk melihat ‘link’nya
kita cukup meng-klik pada teks tersebut.
- Intranet
Adalah pemanfaatan Internet dalam LAN untuk menghubungkan oran-orang
dalam satu jaringan / perusahaan tanpa berhubungan dengan dunia luar.
- IP address
Alamat IP yang terbentuk dari empat angka yang dipisahkan oleh tanda
titik. Alamat yang bersifat unik ini akan diberikan setelah kita
mengirimkan e-mail ke Hostmaster@INTERNIC.NET.
- ISP (Internet Service Provider)
Yaitu perusahaan penyedia jasa koneksi ke INTERNET.
- Java
Adalah bahasa pemrograman berbasis-obyek yang sederhana, dan tidak
tergantung pada platform dan sistem operasi. Bahasa ini dikembangkan
oleh Sun Microsystems dan digunakan untuk membuat HotJava.
- JPEG (Joint Photographic Expert Group)
Yaitu image grafis dalam bentuk terkompresi yang sering digunakan pada halaman web.
- Listserv
Adalah komputer yang mengotomatiskan pengiriman e-mail (bertindak
sebagai pusat distribusi untuk pesan-pesan e-mail). Salah satu contoh
adalah EDTECH yang para anggotanya mendiskusikan topik-topik yang
terkait dengan teknologi pendidikan.
- Lycos
Adalah salah satu search engine. Lycos dikembangkan oleh Carnegie
Mellon University dan melakukan pencarian berdasarkan judul dan isi.
Pembaruan indeks dilakukan setiap minggu, sedangkan pencariannya bisa
dilakukan setiap hari.
- MPEG (Moving Picture Experts Group)
Adalah algoritma terkompresi untuk file video dan audio. Bentuk ini sering digunakan pada web.
- Netscape
Adalah browser Internet yang juga merangkap fungsi e-mail, FTP, Telnet, dan Gopher.
- Newsgroup
Adalah salah satu cara untuk berkomunikasi dengan penjelajah Internet lainnnya.
- Online
Adalah istilah yang sering digunakan untuk merujuk saat orang ber-Internet.
Istilah-istilah yang Lain Dalam INTERNET
attachment = lampiran
bandwidth = lebar pita
broadband = pita lebar, jalur lebar
bulletin board = papan buletin
chat = obrol, obrolan, rumpi
crash = bertabrakan (biasa untuk perangkat lunak/keras bermasalah)
collission = tabrakan data
connection = sambungan
copy = salin, kopi, ganda
cut = potong
database = pangkalan data, basis data
delete/del = hapus
download = ambil data, unduh, muat turun
edit = sunting, ubah
forward/fwd (e-mail) = terusan
hosting = hosting
interferensi = gangguan signal (berkaitan dengan signal wireless)
install = pasang
interface = antarmuka
keyword = kata kunci
lag = lambat
link = taut, kait, pautan, pranala
load = muat
login / log in / log on / logon = log masuk, masuk log, lihat sign in
logout / log out / log off / logoff = log keluar, keluar log, lihat sign out
network = jaringan
newsgroup = kelompok warta, kelompok diskusi
mailing list = milis, senarai, forum ratel
network = jaringan
networking = jejaring
off line = tidak terhubung, terputus, luring (luar jaringan)
passphrase = frase sandi, kalimat sandi
password = kata sandi
paste = tempel, rekatkan
preview = pratonton, pratilik, pratayang
save = simpan
scan = pindai
server = peladen
sign in / signin / sign on = catat masuk, lihat login
sign out / sign off = catat keluar, lihat logout
surfing = berselancar, selancar maya
update = pemutakhiran, pembaruan
upload = unggah, muat naik
username = nama pengguna
virtual reality = realitas maya
website = situs web
wireless = nirkabel / tanpa kabel
BAB III
APLIKASI
PEMANFAATAN INTERNET DALAM KEHIDUPAN MANUSIA
Manfaat INTERNET sudah bisa dirasakan oleh berbagai kalangan
masyarakat, mulai dari masyarakat perumahan, perkantoran, lembaga
pemerintahan, badan pendidikan, dan masih banyak yang lainnya.
III.I Layanan Utama dalam INTERNET
Software yang mendukung INTERNET menyediakan banyak
pelayanan-pelayanan teknis. Pada dasarnya ada empat pelayanan INTERNET
yang paling penting dan mendasar, yaitu :
A. Layanan Mail
Yaitu layanan untuk mengirim dan menerima pesan. Setiap pesan yang
dikirim dari satu sistem ke sistem yang lain menuju tujuan akhir. Di
belakang layar, layanan mail memastikan bahwa pesan-pesan yang dikirim
dan diterima secara lengkap pada alamat yang benar.
B. Layanan telnet
Adalah layanan yang memberikan kesempatan kita menghubungi sistem
remote atau sistem yang terletak di tempat yang jauh. Sebagai contoh,
kita dapat menggunakan telnet untuk menghubungi sebuah host/provider di
negara lain. Setelah kita menghubungi host tersebut, kita dapat login ke
host tersebut (dengan username dan password yang benar ). Setelah itu kita dapat bertukar data ( download atau upload ) melalui INTERNET.
C. Layanan File Transfer Protocol (FTP)
Adalah layanan transfer file dari satu sistem ke sistem lain. Dalam
INTERNET, kita dapat mentransfer file dari host ke sebuah host remote.
Proses ini disebut uploading, dan sebaliknya jika Anda mentransfer file
dari host remote ke host lokal disebut downloading.
D. Layanan Client/Server
Adalah dudkungan program server kepada program client. Sebagai
contoh, Gopher client menampilkan menu, setelah kita memilih
perintah-perintah dalam menu, Gopher client menghubungi Gopher server
yang sesuai (tidak peduli dimana lokasinya dalam INTERNET) dan
mengeksekusi permintaan kita.
III.II Manfaat NTERNET
III.II.I Pemanfaatan INTERNET dalam Dunia Pendidikan
Manfaat Internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa
digunakan sebagai pendorong majunya pendidikan di Indonesia khususnya.
Teknologi internet hadir sebagai media / sarana yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara massal, yang dikenal one to many communication
(misalnya mailing list). Dengan adanya aplikasi teleconference,
INTERNET juga dapat hadir secara real time audio visual seperti pada
metode konvensional.
Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu :
a. sebagai media interpersonal dan massa
b. bersifat interaktif
c. memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron
Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan
sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan
media konvensional.
Teknologi INTERNET menunjang para pelajar yang mengalami keterbatasan
ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Mereka tetap
dapat berkomunikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing
list, dan chatting. Mailing list dapat dimanfaatkan sebagai media
diskusi, dimana pakar / pengajar akan berdiskusi bersama anggota mailing
list. Metode ini mampu menghilangkan jarak antara pakar / pengajar
dengan pelajar. Suasana yang hangat dan nonformal pada mailing list
ternyata menjadi cara pembelajaran yang efektif.
Beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan antara lain :
- arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat
- kemudahan mendapatkan resource yang lengkap
- aktifitas pembelajaran pelajar meningkat
- daya tampung meningkat
- adanya standardisasi pembelajaran
- meningkatkan learning outcomes baik kuantitas maupun kualitas
Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa INTERNET bukanlah
pengganti sistem pendidikan. Kehadiran internet lebih bersifat
suplementer dan pelengkap. Metoda konvensional tetap diperlukan, hanya
saja dapat dimodifikasi ke bentuk lain. Media diskusi konvensional
mengalami modifikasi menjadi diskusi melalui mailing list.
Pemakaian Komputer dalam Proses Belajar
Sebelumnya perlu dijelaskan istilah CAI dan CMI yang digunakan dalam kegiatan belajar dengan komputer.
CAI yaitu penggunaan komputer secara langsung dengan siswa
untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes
kemajuan belajar siswa. CAI dapat sebagai tutor yang menggantikan guru
di dalam kelas. CAI juga sangat beragam bentuknya, tergantung dari
kemampuan desainer dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk
permainan (games), mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian
dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan.
CMI digunakan sebagai pembantu pengajar menjalankan fungsi
administratif yang meningkat, seperti rekapitulasi data prestasi siswa,
database buku / e-library, kegiatan administratif sekolah seperti
pencatatan pembayaran, kuitansi dan sebagainya.
Pada masa sekarang CMI & CAI bersamaan fungsinya dan kegiatannya
seperti pada e-Learning, dimana urusan administrasi dan kegiatan belajar
mengajar sudah masuk dalam satu sistem.
Pemakaian Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran
Untuk Tujuan Kognitif
Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip,
langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga
dapat menjelaskan konsep tersebut dengan dengan sederhana dengan
penggabungan visual dan audio yang dianimasikan. Sehingga cocok untuk
kegiatan pembelajaran mandiri.
Untuk Tujuan Psikomotor
Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games &
simulasi, sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia
pendidikan. Beberapa contoh program antara lain simulasi pendaratan
pesawat, simulasi penggabungan unsur kimia, simulasi rangkaian
elektronika, dan lain sebagainya.
Untuk Tujuan Afektif
Bila suatu program didesain secara tepat dengan memberikan potongan
clip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap
/ afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer.
III.II.II Manfaat INTERNET dalam Dunia Usaha
Dengan semakin berkembangnya INTERNET sekarang ini, semakin
berkembang pula pemanfaatan INTERNET dalam upaya manusia untuk memenuhi
kebutuhannya. Salah satunya adalah memanfaatkan INTERNET dalam dunia
usaha mereka. Dengan semakin banyak orang yang memanfaatkan/menggunakan
INTERNET, juga membuka peluang tersendiri. Seperti peluang untuk
menyediakan jasa layanan INTERNET ( ISP ), warung INTERNET ( warnet ),
VoIP ( voice over internet protocol ), dan lain sebagainya.
Manfaat INTERNET dalam Pemasaran Barang dan Jasa
Banyak sekali manfaat INTERNET bagi perusahaan atau para produsen
barang maupun jasa. Banyak sekali perusahaan atau para penyedia barang
dan jasa akhir-akhir ini menggunakan media INTERNET untuk memasarkan
barang dan jasa mereka. Dengan menggunakan media ini banyak kelebihan
yang didapatkan oleh perusahaan dengan membangun sebuah halaman web
perusahaan mereka masing-masing. Keuntungan dari web tersebut antara
lain :
- Web dapat memantapkan kehadiran perusahaan di dunia bisnis.
- Web memberikan kesempatan bagi perusahaan memasuki jaringan yang lebih global.
- Web menyediakan informasi bisnis untuk pelanggan dan masyarakat secara luas.
- Web dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan secara
lebih baik dengan adanya berbagai fasilitas yang menarik dan
interaktif.
- Web dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap produk maupun perusahaan.
- Web menjadi sarana pemberitaan informasi yang sensitif terhadap waktu.
- Web juga dapat dijadikan sarana menjual produk atau tempat transaksi.
- Web dapat menyajikan informasi secara interaktif dengan memanfaatkan multimedia.
- Web mampu mencapai pasar ditinjau secara demografi sesuai dengan yang diinginkan.
- Web menjadi saran untuk tanya jawab antara pelanggan
dengan perusahaan atau sering disebut frequently asked question (FAQ)
- Web dapat memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk
melakukan kontak atau berkomunikasi dengan pramuniaganya secara langsung
dengan fasilitas chat online ataupun yang lainnya.
- Web membuka kemungkinan bagi perusahaan memasuki pasar internasional.
- Web dapat menciptakan pelayanan 24 jam.
- Web memungkinkan melakukan perubahan informasi yang tersedia dengan cepat.
- Web akan memberikan kesempatan pelanggan untuk memberikan umpan balik kepada perusahaan.
- Web dapat dijadikan ajang uji coba terhadap produk dan jasa yang ditawarkan.
- Web dapat dijadikan saran media informasi, publikasi perusahaan dan promosi.
- Web dapat mencapai pasar yang terspesilisasi.
- Web juga dapat digunakan untuk memberikan pelayanan kepada pasar lokal.
Selain manfaat INTERNET bagi para penyedia barang dan jasa di atas,
juga menjadi suatu kemudahan bagi para pelanggan atau para pencari
barang ataupun jasa, antara lain :
- Katalog produk secara elektronis
- Komunikasi pertukaran informasi antara satu pelanggan dengan pelanggan yang lain.
- Mempermudah pencarian produk
- Transaksi secara elektronis, sehingga akan mempermudah bagi pelanggan yang mempunyai waktu terbatas.
- Penghematan waktu dan biaya dalam membeli barang.
- Sumber informasi update barang atau jasa, dan sebagainya.
Manfaat INTERNET dalam Menciptakan Lapangan Usaha yang Baru
Dengan semakin luas perkembangan dunia INTERNET, dan juga semakin
banyak orang mambutuhkan layanan INTERNET, maka timbullah peluang usaha
yang baru antara lain :
- Warung internet ( warnet )
- Telepon dengan teknologi VoIP
- Penyedia layanan INTERNET / ISP ( Internet Service Provider )
- Dan lainnya
III.II.III Pemanfaatan Internet dalam Pemerintahan
Pemanafaatan INTERNET dalam suatu institusi dapat membuat pekerjaan
semakin efektif. Untuk dinas pemerintahan, internet akan sangat membantu
dalam menyukseskan program e- government. Dalam e-government,
internet menjadi teknologi yang berperan dalam proses penyediaan dan
transfer informasi dari pemerintah kepada pihak lain, misalnya warga
masyarakat, ataupun sebaliknya.
Dengan porogram e-goverment tersebut, suatu dinas pemerintahan lokal
maupun nasional, dapat mempresentasikan keunggulan dan potensi-potensi
daerah masing-masing, seperti potensi usaha, potensi pariwisata,
kekayaan dan sumber daya alam, dan sebagainya. Sehingga akan sangat
membantu pelayanan terhadap masyarakat luar maupun masyarakat setempat
yang membutuhkan informasi tentang daerah yang dimaksud.
Dengan demikian, secara tidak langsung akan membantu perkembangan
suatu daerah, dalam hal ekonomi, sosial, kebudayaan, dan yang lainnya.
Orang luar akan dapat mengetahui peluang-peluang usaha di suatu daerah
dengan mudah melalui e-goverment. Begitu juga masyarakat
setempat akan dapat mempresentasikan kekayaan atau produk-produk daerah
setempat, sehingga masyarakat luar dapat mengetahuinya.
III.II.IV Manfaat INTERNET bagi Masyarakat
Di zaman sekarang, dengan mudahnya masyarakat bisa mendapatkan
layanan INTERNET. Banyak penyedia layanan INERNET menawarkan layanan
mereka dengan berbagai pilihan yang sesuai dengan kebutuhan para
pelanggannya. Warung Internet ( warnet ) pun sudah semakin banyak
didirikan. Semua itu dikarenakan semakin meningkatnya kebutuhan
masyarakt akan jasa layanan INTERNET.
Banyak manfaat yang dapat diperoleh masyarakat dari INTERNET. Kita
dapat memproleh informasi tentang segala sesuatu yang kita inginkan
melalui INTERNET. Dengan INTERNET, kita dapat memperoleh perkemangan
berita lebih cepat, informasi lowongan kerja, informasi teknologi
terbaru, untuk tukar pendapat dengan orang lain, untuk berkomunikasi
dengan teman atuau saudara yang jauh jaraknya, dan lain sebagainya.
Secara umum, manfaat INTERNET bagi mayarakat yaitu dapat menambah wawasan masyarakat tentang perkembangan informasi dunia luar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar