Rabu, 28 September 2011

Peranan Penting dalam Kehidupan Manusia



BAB I
PENDAHULUAN
SEKILAS TENTANG INTERNET
INTERNET, satu kata yang sudah tidak asing dan sudah akrab di telinga kita. ITERNET banyak berperan di berbagai bidang dalam kehidupan kita sehari-hari.
I.I Apakah INTERNET itu ?
Istilah internet berasal dari dua kata yaitu INTER yang berarti antara/penghubung, dan NETWORK yang berarti jaringan. Jadi, secara per kata, kata INTERNET berarti penghubung jaringan. Sehingga fungsi internet adalah menghubungkan berbagai jaringan yang tidak saling bergantung satu dengan yang lain, sehingga terjadi komunikasi antara jaringan-jaringan tersebut.
Jaringan lokal biasanya terdiri dari beberapa komputer dengan sistem operasi sejenis. Dengan INTERNET, perbedaan sistem operasi dapat diatasi dengan menggunakan bahasa yang sama antar jaringan dalam pengiriman data.
Dengan demikian, definisi INTERNET merupakan hubungan antara berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia dengan berbagai sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit ).
I.II Sejarah terbentuknya INTERNET
ARPANet
Pada tahun 1969 ARPA (Advanced Research Project Agency), sebuah bagian dalam kementerian Pertahanan Amerika Serikat memulai sebuah proyek, dengan tujuan di satu sisi menciptakan jalur komunikasi yang tak dapat dihancurkan dan disisi lain memudahkan kerjasama antar badan riset diseluruh negeri, termasuk juga industri senjata. Maka terbentuklah ARPANet.
Internetting Project
Bila pada awalnya komputer sejenis saja yang dapat melakukan pertukaran data, maka dengan bertambahnya komputer dengan berbagai sistem operasi lain menuntut solusi baru komunikasi yang tak terbatas antar semua badan yang tergabung dalam jaringan.
Untuk itu pada awal tahun 1980an dibuat Internetting Project, yang mengembangkan lebih lanjut hasil yang telah dicapai dalam ARPANet, agar media komunikasi baru ini juga dapat dimanfaatkan oleh berbagai sistem komputer-komputer baru yang tergabung. Pada awalnya, jaringan interkoneksi ini disebut DARPA internet. Kemudian vendor-vendor komputer meramaikan lalu lintas jaringan tersebut untuk berbagai kebutuhan/tujuan, dan lama kelamaan hanya disebut INTERNET saja.
Di tahun 1986 didirikan National Science Foundation Network (NSFNET), yang menghubungkan para ahli riset di seluruh negara dengan 5 buah pusat super komputer. Jaringan ini kemudian berkembang untuk menghubungkan berbagai jaringan akademis lainnya yang terdiri atas universitas dan konsorsium-konsorsium riset. NSFNET mulai menggantikan ARPAnet sebagai jaringan riset utama di Amerika. Pada bulan Maret 1990 ARPAnet secara resmi dibubarkan. Sejak saat NSFNET dibangun, berbagai jaringan internasional juga didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Pada saat ini Internet terdiri atas lebih dari 15.000 jaringan yang tersebar di seluruh dunia. Jutaan orang dapat saling mengirimkan pesan melalui Internet dan jaringan-jaringan lain terhubung dengannya. Penggunaan INTERNET sudah bukan murni untuk riset saja, tetapi mencakup kegiatan sosial, komersial, budaya dan lain-lain.
BAB II
TEORI DASAR
SISTEM YANG BEKERJA DI BALIK INTERNET
Di dalam INTERNET, terdapat banyak sekali sistem-sistem yang beroperasi / bekerja di dalamnya. Sistem-sistem tersebut berfungsi sebagai penyusun dari INTERNET.
II.I Local Area Network / LAN
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil lagi.
Pada LAN, setiap komputer dapat mengakses sumber daya yang ada di dalam LAN tersebut sesuai dengan hak akses yang telah diatur dari tiap-tiap komputer. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer.
II.II Wide Area Network / WAN
Wide Area Network / WAN adalah jaringan komputer yang mencakup wilayah yang besar atau jaringa komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara.
WAN digunakan untuk menghubungkan antara jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
II.III Host
Host adalah komputer dalam Local Area Network (LAN) atau Wide Area Network (WAN), yang diakses oleh komputer lain dalam jaringan tersebut.
Host sering disebut juga sebagai komputer server.
II.IV Protocol INTERNET ( TCP/IP )
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, INTERNET terbentuk dari jaringan komputer yang tersebar di seluruh dunia. Masing-masing jaringan komputer terdiri dari beberapa komputer yang berbeda dengan jaringan yang lainnya. Untuk mengatasi masalah perbedaan tersebut diperlukan sebuah protokol yang mampu mengintegrasikan seluruh jaringan komputer tersebut.
Solusinya adalah sebuah protokol pengiriman data yang tidak bergantung pada jenis komputer dan dapat digunakan oleh semua komputer untuk saling bertukar data. Agar data tidak hanya dapat dikirim dan diterima, melainkan juga dapat dimanfaatkan oleh setiap komputer, diperlukan program standar yang mengolah data tersebut pada sistem yang berkaitan. Protokol pengiriman data  merupakan sebuah konvensi (kesepakatan) yang menetapkan dengan cara apa data dikirimkan dan bagaimana kesalahan yang terjadi dikenali serta dipecahkan.
Secara sederhana, proses pengiriman data terdiri atas dua langkah :
Pertama, data yang akan dikrimkan (misalnya sebuah file teks) dibagi ke dalam paket data berukuran sama (paket), kemudian dikirimkan satu per satu. Dalam dunia Internet, protokol ini disebut IP (Internet Protocol).
Kedua, harus dijamin setiap paket data yang dikirim sampai ke alamat yang benar dan semuanya diterima dengan benar pula. Untuk itu diperlukan protokol lainnya, yaitu Transmission Control Protocol (TCP) mengaitkan sebuah blok data pada paket data IP, yang mengandung informasi mengenai alamat, jumlah total paket data, dan urutan setiap paket yang membentuk paket tersebut. Secara bersamaan kedua protokol tersebut membentuk suatu fungsi kesatuan, karena itu biasanya disebut TCP/IP.
Dengan adanya TCP/IP ini, INTERNET memiliki tiga keuntungan :
- INTERNET dapat menggunakan jalur komunikasi yang sama untuk pengguna  yang berbeda pada saat yang bersamaan. Oleh karena paket-paket data tidak perlu dikirimkan secara bersama-sama, jalur komunikasi dapat membawa segala tipe paket data pada saat paket-paket data ersebut dikirimkan dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Sebagai contoh, seperti sebuah jalan raya, di mana mobil-mobil bergerak sepanjang jalan yang sama walaupun mereka menuju ke tempat-tempat yang berbeda-beda.
- INTERNET bersifat fleksibel. Pada saat paket-paket data bergerak, mereka bergerak dari satu host ke host lain hingga mencapai tujuan akhir. Jika sebuah jalur komunikasi tidak berfungsi, sistem yang mengontrol aliran data dengan sendirinya dapat memilih jalur alternatif, sehingga paket-paket data tersebut dapat bergerak melalui jalur-jalur yang berbeda-beda.
- Meningkatkan kecepatan transmisi data. Sebagai contoh, jika terjadi kesalahan pengiriman data, TCP meminta host asal mengirm kembali paket-paket data yang mengandung kesalahan saja, bukan keseluruhan paket data. Dengan begitu, berarti meningkatkan kecepatan transmisi data.
II.V Domain Name System / DNS
Domaian Name System adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain di dalam jaringan computer. Tentunya  harus ada sebuah metode yang memungkinkan pengiriman data kepada masing-masing komputer di INTERNET. Pada awalnya disusun sebuah daftar yang memuat nama semua jaringan yang tergabung dalam INTERNET. Namun, dengan tingkat pertumbuhan INTERNET yang sangat tinggi maka tidak mungkin lagi menjaga daftar-daftar tetap aktual. Karenanya,  INTERNET menggunakan sebuah sistem alamat yang dapat diolah oleh komputer khusus (disebut Router), yang terdapat antara masing-masing jaringan.
II.VI Alamat IP / IP address
Adalah deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Alamat tersebut menggambarkan lokasi jaringan hingga komputer dalam jaringan tersebut yang harus dicapai.
Dengan adanya IP Address tersebut INTERNET dapat menentukan sendiri jalurnya melalui banyak jaringan yang tergabung antara dua tempat, sehingga hampir tidak mungkin untuk merusak media komunikasi ini. Misalkan ada sebuah kabel penghubung yang rusak oleh pekerjaan galian tanah, INTERNET akan mengalihkan pengiriman paket melalui lain. Hal ini disebut Dynamic Rerouting.
Sistem pangalamtan IP terbagi menjadi dua yaitu :
-          IP versi 4 (IPv4)
Alamat IP versi 4 (IPv4) adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 4. Panjang total alamatnya nya adalah 32-bit, dan secara teori dapat mengalamati hingga 4 miliar host ( = ± 4 miliar) komputer di seluruh dunia.
Contoh alamat IP versi 4 adalah 192.168.0.3.
-          IP versi 6 (IPv6)
Alamat IP versi 6 (IPv6) adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 6. Panjang totalnya adalah 128-bit, dan secara teori dapat mengalamati hingga = 3,4 x  host komputer di seluruh dunia.
Contoh alamat IP versi 6 adalah 21DA:00D3:0000:2F3B:02AA:00FF:FE28:9C5A.
II.VII Alamat DNS
Karena angka biner tidak mudah untuk diingat, maka dikembangkan sistem Domain Name System (DNS). Disini alamat disusun dalam sebuah hierarki berbagai wilayah (domain = wilayah), yang mewakili sebuah kelompok host tertentu.
Agar penyampaian otomatis oleh Router tetap berfungsi, angka biner tetap digunakan. Bila kita memberikan sebuah alamat DNS, pertama-tama data dikirimkan ke sebuah server dan diubah menjadi alamat IP yang dapat dibaca oleh Komputer.
Seperti pada alamat IP, alamat tersebut juga mengandung informasi yang dibutuhkan untuk identifikasi komputer yang diingikan. Setiap bagian alamat DNS harus dipisahkan dengan sebuah titik.
Contoh :               admin.bppt.id
domain ´id´ = indonesia
bppt adalah nama sebuah jaringan
admin adalah nama dari suatu komputer di dalam jaringan bppt
Untuk mencapai komputer admin suatu jaringan akan membaca alamat domain tersebut dari ki ke kanan. Domain ´id´ adalah sebuah contoh domain geografis.
Ada beberapa jenis domain antara lain : domain geografis, domain tematik, dll.
Contoh domain geografis
Singkatan
Artinya
id Indonesia
at Austria
pl Polandia
de Jerman
au Australia
pt Portugal
be belgia
ch Swiss
se Swedia
bg Bulgaria
dk Denmark
uk Inggris
br Brazil
ee Eslandia
us Amerika
fi Finlandia
es Spanyol
cl Cile
fr Prancis
in India
ir Irlandia
jp Jepang
my Malaysia
Contoh domain tematik
Singkatan
Jenis domain
com Perusahaan komersial
edu Badan pendidikan ( universitas, institut, dll )
gov Lembaga pemerintahan non militer
mil Militer
org Organisasi lainnya
ac Badan pendidikan
II.VIII Internet Service Provider ( ISP ) / Penyedia Layanan Internet
ISP atau penyedia layanan internet adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan dengan INTERNET. Kebanyakan perusahaan jasa telepon merupakan penyelenggara jasa internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.
ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel, radio, maupun VSAT (sambungan langsung dengan satelit).
Beberapa contoh ISP di Indonesia :
3GNet
ATS-COM NET
AudiaNet
BENINGNET
BiGnet
BITNET
BIZNET
BUMINET
CABINET
CBN
CENTRIN
CENTROTECH
Central Online (CLINE)
Channel-11.Net
CROSS NETWORK INDONESIA
CYBERNET
CyberAkses
DigiNet
DNET
ELGANET
ELNUSNET
ERESHA.NET.ID
FIRST MEDIA
GIGA.NET.ID
GLOBALPORT
IPTK – EZ.Net
IDOLA
HYPERNET
IndikaNet
INDONET
INDOSAT
JALAWAVE
JAPnet
JASATEL
JETCOMS
LINKNET
MAXINDO
MEGANET
MELSA
MITRANET
MNETwireless
ORION / Orion Cyber Internet
PRIM@NET
NetPlus Technology
Pes@tNet
PACIFICNET
POWERNET
QUASAR
RADNET
RAJASA
SIMAYA
Sistelindo
Speedy
TELKOMNET
UBNET
UIINET
UNINET
VIPNET
VISIONNET
WASANTARA
LINTASWAVE
SMARTLINK GLOBAL MEDIA
FIRSTMEDIA
TELEMEDIA NUSANTARA
TABINA NETWORK
KOETARADJA NET
TE NET
BLUELINE
II.IX Cara Akses ke INTERNET
-          Sambungan langsung ke network
Kita dapat menggunakan sebuah komputer yang secara terhubung langsung ke INTERNET. Sebagai contoh, kita menggunakan sebuah komputer yang merupakan bagian dari sebuah jaringan komputer di kantor yang terhubung dengan INTERNET. Dalam hal ini sistem kita menjadi host secara penuh, karena mempunya alamat elektronik tersendiri.
-           Sambungan dengan menggunakan SLIP/PPP
Sambungan ini sering disebut dengan dial up connection, dan biasanya menggunakan sambungan telepon. Untuk menggunakan hubungan dial-up telepon, Kita memerlukan sebuah alat untuk mengkonversi sinyal komputer (digital) menjadi sinyal telepon (analog), dan sebaliknya. Alat untuk mengkonversi sinyal digital ke sinyal analog disebut modulator, sedangkan alat untuk mengkonversikan sinyal analog ke sinyal digital disebut demodulator. Untuk mengakses ke INTERNET melalui hubungan telepon, kita memerlukan sebuah modem (modulator-demodulator). Selain itu diperlukan juga TCP/IP dan software SLIP (Serial Line Internet Protocol) atau PPP ( Point to Point Protocol )seperti Linux, Warp, dll.
-          Sambungan langsung ke On-line Service.
Jenis sambungan ini biasanya adalah sambungan full time. Untuk menjadi sebuah host INTERNET tanpa harus memiliki hubungan full-time ke INTERNET (yang pada umumnya sangat mahal), ada sebuah cara men-setup sebuah host INTERNET melalui hubungan telepon. Untuk melakukan hal tersebut, kita perlu mengadakan perjanjian dengan sebuah host INTERNET yang lain yang bertindak sebagai titik hubungan. Selanjutnya, diperlukan sejumlah program yang disebut sebagai PPP (Point to Point Protocol) dan SLIP (Serial Line Internet Protocol) dalam workstation. Setelah workstation menghubungi host INTERNET melalui jalur telepon, PPP menyediakan kemampuan TCP/IP untuk workstation tersebut.
II.X Beberapa Istilah dalam INTERNET
-          American OnLine (AOL)
Layanan komersial yang menyediakan browser Internet-nya sendiri.
-          Browser
Aplikasi yang ada di komputer, mirip dengan aplikasi pengolah kata atau aplikasi lain, yang dirancang untuk membaca tipe file data tertentu. Untuk mengakses www, kita membutuhkan program software internet browser ini.
Mem-browse www sering disebut sebagai surfing the Net.
-          CU-SeeMe
Adalah salah satu aplikasi yang memungkinkan konferensi video pada Internet.
-          Cyberspace
Adalah tempat virtual di mana orang dapat berkomunikasi dan bertemu.
-          Domain name
Adalah bagian yang membentuk IP address pada INTERNET. Domain name terdiri dari dua bagian atau lebih yang terpisah oleh tanda titik. Bagian paling kiri adalah bagian yang paling penting, menunjukkan tujuannya. Contoh : www menunjukkan Web server mail. Sembarang domain name akan “melebur” menjadi hanya satu IP address yang unik untuk setiap mesin. Bagian sebelah kanan menunjukkan tipe site. Contoh :.id menunjukkan negara asal site, misalnya id menunjukkan negara Indonesia.
-          E-Mail
Adalah surat yang mirip dengan surat pos, tetapi dikirimkan secara elektronik, sehingga sampai ditempat tujuan hampir dalam tempo seketika itu juga. E-mail yang berisikan pesan yang dikirim ke komputer kita dan akan terus ada di komputer itu sampai kita mengambilnya (membuka dan menyimpannya atau membuangnya).
-          Eudora
Adalah aplikasi e-mail desktop yang populer karena lingkungan grafis dan kemampuannya untuk bekerja di hampir semua jenis server (PC maupun Macintosh).
-          FAQ
Singkata dari Frequently Asked Questions yaitu daftar yang memuat jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan tentang topik tertentu.
-          FTP (File Transfer Protocol)
Program yang digunakan pada komputer berbasis Windows untuk mentransfer file (software atau dokumen) pada INTERNET.
-          GIF (Graphics Interchange Format)
Jenis image yang seringkali dipakai pada web pages karena kemampuannya untuk me-render warna latar belakang sebagai transparan.
-          Gopher
Program berbasis teks yang digunakan untuk mem-browser daftar menu Internet pada berbagai server gopher.
-          Home Page
Halaman-halaman yang menampung berbagai informasi dari suatu perusahaan, institusi atau pribadi. Contoh White House home page berisikan informasi politik dan kebijakan Presiden AS.
-          HTML
Singkatan dari HyperText Markup Language yaitu bahasa standar yang digunakan browser Internet untuk membuat halaman dan dokumen yang dipajang pada Web.
Selain memungkinkan komputer berkomunikasi, HTML juga menyediakan link di antara file-file yang ada di komputer yang berbeda dan dipisahkan oleh jarak yang jauh.
-          HTTP
Singkatan dari HyperText Transfer Protocol adalah protokol yang memungkinkan bermacam-macam komputer yang saling berkomunikasi dengan menggunakan bahasa HTML.
-          HyperLink
Yaitu bagian dari halaman web yang menghubungkan kita  ke file lain, menyediakan seamless link (hubungan) ke file-file pada komputer lain. Biasa dikenal sebagai link. Mengklik hyperlink berarti mem-browse www dan mengunjungi berbagai lokasi di INTERNET.
-          Hypermedia document
Adalah file data berisi banyak informasi yang dikirimkan melalui Internet ke komputer kita dan dimunculkan secara grafis dalam cara yang user friendly.
-          Hypertext
Adalah salah satu cara untuk me-link banyak file. Teks yang mengandung hypertext biasanya digarisbawahi. Untuk melihat ‘link’nya kita cukup meng-klik pada teks tersebut.
-          Intranet
Adalah pemanfaatan Internet dalam LAN untuk menghubungkan oran-orang dalam satu jaringan / perusahaan tanpa berhubungan dengan dunia luar.
-          IP address
Alamat IP yang terbentuk dari empat angka yang dipisahkan oleh tanda titik. Alamat yang bersifat unik ini akan diberikan setelah kita mengirimkan e-mail ke Hostmaster@INTERNIC.NET.
-          ISP (Internet Service Provider)
Yaitu perusahaan penyedia jasa koneksi ke INTERNET.
-          Java
Adalah bahasa pemrograman berbasis-obyek yang sederhana, dan tidak tergantung pada platform dan sistem operasi. Bahasa ini dikembangkan oleh Sun Microsystems dan digunakan untuk membuat HotJava.
-          JPEG (Joint Photographic Expert Group)
Yaitu image grafis dalam bentuk terkompresi yang sering digunakan pada halaman web.
-          Listserv
Adalah komputer yang mengotomatiskan pengiriman e-mail (bertindak sebagai pusat distribusi untuk pesan-pesan e-mail). Salah satu contoh adalah EDTECH yang para anggotanya mendiskusikan topik-topik yang terkait dengan teknologi pendidikan.
-          Lycos
Adalah  salah satu search engine. Lycos dikembangkan oleh Carnegie Mellon University dan melakukan pencarian berdasarkan judul dan isi. Pembaruan indeks dilakukan setiap minggu, sedangkan pencariannya bisa dilakukan setiap hari.
-          MPEG (Moving Picture Experts Group)
Adalah algoritma terkompresi untuk file video dan audio. Bentuk ini sering digunakan pada web.
-          Netscape
Adalah browser Internet yang juga merangkap fungsi e-mail, FTP, Telnet, dan Gopher.
-          Newsgroup
Adalah salah satu cara untuk berkomunikasi dengan penjelajah Internet lainnnya.
-          Online
Adalah istilah yang sering digunakan untuk merujuk saat orang ber-Internet.
Istilah-istilah yang Lain Dalam INTERNET
attachment = lampiran
bandwidth = lebar pita
broadband = pita lebar, jalur lebar
bulletin board = papan buletin
chat = obrol, obrolan, rumpi
crash = bertabrakan (biasa untuk perangkat lunak/keras bermasalah)
collission = tabrakan data
connection = sambungan
copy = salin, kopi, ganda
cut = potong
database = pangkalan data, basis data
delete/del = hapus
download = ambil data, unduh, muat turun
edit = sunting, ubah
forward/fwd (e-mail) = terusan
hosting = hosting
interferensi = gangguan signal (berkaitan dengan signal wireless)
install = pasang
interface = antarmuka
keyword = kata kunci
lag = lambat
link = taut, kait, pautan, pranala
load = muat
login / log in / log on / logon = log masuk, masuk log, lihat sign in
logout / log out / log off / logoff = log keluar, keluar log, lihat sign out
network = jaringan
newsgroup = kelompok warta, kelompok diskusi
mailing list = milis, senarai, forum ratel
network = jaringan
networking = jejaring
off line = tidak terhubung, terputus, luring (luar jaringan)
passphrase = frase sandi, kalimat sandi
password = kata sandi
paste = tempel, rekatkan
preview = pratonton, pratilik, pratayang
save = simpan
scan = pindai
server = peladen
sign in / signin / sign on = catat masuk, lihat login
sign out / sign off = catat keluar, lihat logout
surfing = berselancar, selancar maya
update = pemutakhiran, pembaruan
upload = unggah, muat naik
username = nama pengguna
virtual reality = realitas maya
website = situs web
wireless = nirkabel / tanpa kabel
BAB III
APLIKASI
PEMANFAATAN INTERNET DALAM KEHIDUPAN MANUSIA
Manfaat INTERNET sudah bisa dirasakan oleh berbagai kalangan masyarakat, mulai dari masyarakat perumahan, perkantoran, lembaga pemerintahan, badan pendidikan, dan masih banyak yang lainnya.
III.I Layanan Utama dalam INTERNET
Software yang mendukung INTERNET menyediakan banyak pelayanan-pelayanan teknis. Pada dasarnya ada empat pelayanan INTERNET yang paling penting dan mendasar, yaitu :
A. Layanan Mail
Yaitu layanan untuk mengirim dan menerima pesan. Setiap pesan yang dikirim dari satu sistem ke sistem yang lain menuju tujuan akhir. Di belakang layar, layanan mail memastikan bahwa pesan-pesan yang dikirim dan diterima secara lengkap pada alamat yang benar.
B. Layanan telnet
Adalah layanan yang memberikan kesempatan kita menghubungi sistem remote atau sistem yang terletak di tempat yang jauh. Sebagai contoh, kita dapat menggunakan telnet untuk menghubungi sebuah host/provider di negara lain. Setelah kita menghubungi host tersebut, kita dapat login ke host tersebut (dengan username dan password yang benar ). Setelah itu kita dapat bertukar data ( download atau upload ) melalui INTERNET.
C. Layanan File Transfer Protocol (FTP)
Adalah layanan transfer file dari satu sistem ke sistem lain. Dalam INTERNET, kita dapat mentransfer file dari host ke sebuah host remote. Proses ini disebut uploading, dan sebaliknya jika Anda mentransfer file dari host remote ke host lokal disebut downloading.
D. Layanan Client/Server
Adalah dudkungan program server kepada program client. Sebagai contoh, Gopher client menampilkan menu, setelah kita memilih perintah-perintah dalam menu, Gopher client menghubungi Gopher server yang sesuai (tidak peduli dimana lokasinya dalam INTERNET) dan mengeksekusi permintaan kita.
III.II Manfaat NTERNET
III.II.I Pemanfaatan INTERNET dalam Dunia Pendidikan
Manfaat Internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendorong majunya pendidikan di Indonesia khususnya.
Teknologi internet hadir sebagai media / sarana yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara massal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Dengan adanya aplikasi teleconference, INTERNET juga dapat hadir secara real time audio visual seperti pada metode konvensional.
Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu :
a. sebagai media interpersonal dan massa
b. bersifat interaktif
c. memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron
Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional.
Teknologi INTERNET menunjang para pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Mereka tetap dapat berkomunikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing list, dan chatting. Mailing list dapat dimanfaatkan sebagai media diskusi, dimana pakar / pengajar akan berdiskusi bersama anggota mailing list. Metode ini mampu menghilangkan jarak antara pakar / pengajar dengan pelajar. Suasana yang hangat dan nonformal pada mailing list ternyata menjadi cara pembelajaran yang efektif.
Beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan antara lain :
-          arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat
-          kemudahan mendapatkan resource yang lengkap
-          aktifitas pembelajaran pelajar meningkat
-          daya tampung meningkat
-          adanya standardisasi pembelajaran
-          meningkatkan learning outcomes baik kuantitas maupun kualitas
Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa INTERNET bukanlah pengganti sistem pendidikan. Kehadiran internet lebih bersifat suplementer dan pelengkap. Metoda konvensional tetap diperlukan, hanya saja dapat dimodifikasi ke bentuk lain. Media diskusi konvensional mengalami modifikasi menjadi diskusi melalui mailing list.
Pemakaian Komputer dalam Proses Belajar
Sebelumnya perlu dijelaskan istilah CAI dan CMI yang digunakan dalam kegiatan belajar dengan komputer.
CAI yaitu penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. CAI dapat sebagai tutor yang menggantikan guru di dalam kelas. CAI juga sangat beragam bentuknya, tergantung dari kemampuan desainer dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan (games), mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan.
CMI digunakan sebagai pembantu pengajar menjalankan fungsi administratif yang meningkat, seperti rekapitulasi data prestasi siswa, database buku / e-library, kegiatan administratif sekolah seperti pencatatan pembayaran, kuitansi dan sebagainya.
Pada masa sekarang CMI & CAI bersamaan fungsinya dan kegiatannya seperti pada e-Learning, dimana urusan administrasi dan kegiatan belajar mengajar sudah masuk dalam satu sistem.
Pemakaian Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran
Untuk Tujuan Kognitif
Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan. Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran mandiri.
Untuk Tujuan Psikomotor
Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi, sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia pendidikan. Beberapa contoh program antara lain simulasi pendaratan pesawat, simulasi penggabungan unsur kimia, simulasi rangkaian elektronika, dan lain sebagainya.
Untuk Tujuan Afektif
Bila suatu program didesain secara tepat dengan memberikan potongan clip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap / afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer.
III.II.II Manfaat INTERNET dalam Dunia Usaha
Dengan semakin berkembangnya INTERNET sekarang ini, semakin berkembang pula pemanfaatan INTERNET dalam upaya manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satunya adalah memanfaatkan INTERNET dalam dunia usaha mereka. Dengan semakin banyak orang yang memanfaatkan/menggunakan INTERNET, juga membuka peluang tersendiri. Seperti peluang untuk menyediakan jasa layanan INTERNET ( ISP ), warung INTERNET ( warnet ), VoIP ( voice over internet protocol ), dan lain sebagainya.
Manfaat INTERNET dalam Pemasaran Barang dan Jasa
Banyak sekali manfaat INTERNET bagi perusahaan atau para produsen barang maupun jasa. Banyak sekali perusahaan atau para penyedia barang dan jasa akhir-akhir ini menggunakan media INTERNET untuk memasarkan barang dan jasa mereka. Dengan menggunakan media ini banyak kelebihan yang didapatkan oleh perusahaan dengan membangun sebuah halaman web perusahaan mereka masing-masing. Keuntungan dari web tersebut antara lain :
-          Web dapat memantapkan kehadiran perusahaan di dunia bisnis.
-          Web memberikan kesempatan bagi perusahaan memasuki jaringan yang lebih   global.
-          Web menyediakan informasi bisnis untuk pelanggan dan masyarakat secara  luas.
-          Web dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan secara lebih baik dengan  adanya berbagai fasilitas yang menarik dan interaktif.
-          Web dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap produk maupun perusahaan.
-          Web menjadi sarana pemberitaan informasi yang sensitif terhadap waktu.
-          Web juga dapat dijadikan sarana menjual produk atau tempat transaksi.
-          Web dapat menyajikan informasi secara interaktif dengan memanfaatkan multimedia.
-          Web mampu mencapai pasar ditinjau secara demografi sesuai dengan yang diinginkan.
-          Web menjadi saran untuk tanya jawab antara pelanggan dengan perusahaan  atau sering disebut frequently asked question (FAQ)
-          Web dapat memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk melakukan kontak atau berkomunikasi dengan pramuniaganya secara langsung dengan fasilitas chat online ataupun yang lainnya.
-          Web membuka kemungkinan bagi perusahaan memasuki pasar internasional.
-          Web dapat menciptakan pelayanan 24 jam.
-          Web  memungkinkan melakukan perubahan informasi yang tersedia dengan cepat.
-          Web akan memberikan kesempatan pelanggan untuk memberikan umpan balik kepada perusahaan.
-          Web dapat dijadikan ajang uji coba terhadap produk dan jasa yang ditawarkan.
-          Web dapat dijadikan saran media informasi, publikasi perusahaan dan promosi.
-          Web dapat mencapai pasar yang terspesilisasi.
-          Web juga dapat digunakan untuk memberikan pelayanan kepada pasar lokal.
Selain manfaat INTERNET bagi para penyedia barang dan jasa di atas, juga menjadi suatu kemudahan bagi para pelanggan atau para pencari barang ataupun jasa, antara lain :
-          Katalog produk secara elektronis
-          Komunikasi pertukaran informasi antara satu pelanggan dengan pelanggan yang lain.
-          Mempermudah pencarian produk
-          Transaksi secara elektronis, sehingga akan mempermudah bagi pelanggan yang mempunyai waktu terbatas.
-          Penghematan waktu dan biaya dalam membeli barang.
-          Sumber informasi update barang atau jasa, dan sebagainya.
Manfaat INTERNET dalam Menciptakan Lapangan Usaha yang Baru
Dengan semakin luas perkembangan dunia INTERNET, dan juga semakin banyak orang mambutuhkan layanan INTERNET, maka timbullah peluang usaha yang baru antara lain :
-          Warung internet ( warnet )
-          Telepon dengan teknologi VoIP
-          Penyedia layanan INTERNET / ISP ( Internet Service Provider )
-          Dan lainnya
III.II.III Pemanfaatan Internet dalam Pemerintahan
Pemanafaatan INTERNET dalam suatu institusi dapat membuat pekerjaan semakin efektif. Untuk dinas pemerintahan, internet akan sangat membantu dalam menyukseskan program e- government. Dalam e-government, internet menjadi teknologi yang berperan dalam proses penyediaan dan transfer informasi dari pemerintah kepada pihak lain, misalnya warga masyarakat, ataupun sebaliknya.
Dengan porogram e-goverment tersebut, suatu dinas pemerintahan lokal maupun nasional, dapat mempresentasikan keunggulan dan potensi-potensi daerah masing-masing, seperti potensi usaha, potensi pariwisata, kekayaan dan sumber daya alam, dan sebagainya. Sehingga akan sangat membantu pelayanan terhadap masyarakat luar maupun masyarakat setempat yang membutuhkan informasi tentang daerah yang dimaksud.
Dengan demikian, secara tidak langsung akan membantu perkembangan suatu daerah, dalam hal ekonomi, sosial, kebudayaan, dan yang lainnya. Orang luar akan dapat mengetahui peluang-peluang usaha di suatu daerah dengan mudah melalui e-goverment. Begitu juga masyarakat setempat akan dapat mempresentasikan kekayaan atau produk-produk daerah setempat, sehingga masyarakat luar dapat mengetahuinya.
III.II.IV Manfaat INTERNET bagi Masyarakat
Di zaman sekarang, dengan mudahnya masyarakat bisa mendapatkan layanan INTERNET. Banyak penyedia layanan INERNET menawarkan layanan mereka dengan berbagai pilihan yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggannya. Warung Internet ( warnet ) pun sudah semakin banyak didirikan. Semua itu dikarenakan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakt akan jasa layanan INTERNET.
Banyak manfaat yang dapat diperoleh masyarakat dari INTERNET. Kita dapat memproleh informasi tentang segala sesuatu yang kita inginkan melalui INTERNET. Dengan INTERNET, kita dapat memperoleh perkemangan berita lebih cepat, informasi lowongan kerja, informasi teknologi terbaru, untuk tukar pendapat dengan orang lain, untuk berkomunikasi dengan teman atuau saudara yang jauh jaraknya, dan lain sebagainya.
Secara umum, manfaat INTERNET bagi mayarakat yaitu dapat menambah wawasan masyarakat tentang perkembangan informasi dunia luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar